Caleg Demokrat NTB Diminta Teladani Ibas Yudhoyono

Mataram – Seluruh calon anggota legislatif (caleg) Partai Demokrat di Nusa Tenggara Barat (NTB) diminta meneladani jejak Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. Putra kedua Susilo Bambang Yudhoyono itu dipandang sebagai sosok ideal wakil rakyat.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat NTB Indra Jaya Usman ketika ditemui di sela-sela Rapat Pleno Penetapan Nomor Urut Caleg Partai Demokrat se-NTB, Kamis (27/4) di Mataram.

Indra Jaya Usman

Menurutnya, Ibas adalah figur yang memiliki seluruh kapasitas yang diperlukan sebagai wakil rakyat. IJU melihatnya dari segi pendidikan, dedikasi terhadap arah perjuangan partai, loyalitas dan kedekatannya dengan masyarakat, serta sederetan prestasi yang menyertai perjalan politiknya.

Baca Juga: Demokrat NTB Gelar Rapat Pleno Penetapan Nomor Urut Caleg

Dia mengungkapkan, Ibas Yudhoyono adalah seorang pembelajar yang serius. Meraih gelar Doktor (S3) dengan predikat cum laude dan IPK tertinggi 4.0 di Institut Pertanian Bogor (IPB), perguruan tinggi peringkat 1 di Asia Tenggara dan peringkat 52 dunia menurut QS World Ranking.

Ibas menaruh minat di bidang ekonomi. Disertasinya mengkaji strategi pembiayaan dan investasi untuk pengembangan pariwisata terpadu, inklusif, dan berkelanjutan. Ia mengambil lokasi penelitian di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, yang sedang berkembang di kawasan timur Indonesia.

“Hasil penelitian Mas Ibas itu mendapat banyak apresiasi, salah satunya dari Profesor Syamsul Maarif, yang menyebut disertasi tersebut sempurna,” tutur IJU.

Baca Juga: Anies-AHY Tukar Gagasan, Demokrat NTB Gelar Nobar

Bermodal pendidikan yang memadai, Ibas kemudian masuk ke dunia politik dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada 2009 dengan perolehan suara terbanyak di Indonesia, yakni 327.097 suara. Atas raihan itu, Ibas pun mendapat penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Ibas kemudian diangkat sebagai Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat pada 2015. Di bawah kepemimpinannya itu, KPP Demokrat berhasil memenangkan Pilkada sebanyak 41 persen di seluruh Indonesia. “Pengaruh Mas Ibas saat itu sangat kuat sehingga Demokrat semakin dicintai rakyat,” kata IJU.

Baca Juga: Majelis Tinggi Partai Demokrat Mengesahkan Dukungan Kepada Anies Baswedan

IJU menekankan pentingnya caleg-caleg Partai Demokrat di NTB mengembangkan kapasitas dirinya dengan ilmu dan pengetahuan yang memadai untuk terjun ke dunia politik. Menurutnya, hal itu menjadi modal utama untuk mempengaruhi kebijakan-kebijakan politik agar senantiasa berpihak pada kesejahteraan rakyat dan peningkatan kualitas pembangunan nasional.

“Melalui rapat pleno ini (penetapan nomor urut caleg), Partai Demokrat ingin memberikan caleg-caleg berkualitas kepada rakyat. Tentunya melalui pertimbangan dan penilaian yang cermat, dengan mengikuti ketentuan yang berlaku,” ungkap IJU. ***

Bagikan artikel ini:

PDNTB.id © 2024. All Rights Reserved.