Temui AHY, Paloh Disebut Perlihatkan Komitmen Koalisi

Mataram, PDNTB.id – Persamuhan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, 22 Februari 2023, memperlihatkan komitmen Paloh terhadap Koalisi Perubahan.

Demikian dikatakan Koordinator Relawan Indonesia Muda (RIM) Nusa Tenggara Barat Wijaya Dewantara kepada wartawan di Mataram, Kamis (23/2/2023).

Dia menyebut adanya keraguan publik terhadap Kolisi Perubahan setelah Surya Paloh bermanuver melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh politik di luar PKS dan Partai Demokrat.

“Kunjungan Surya Paloh ke kantor DPP Partai Demokrat dan bertemu AHY itu menjawab keragu-raguan publik terhadap soliditas Koalisi Perubahan,” ujarnya.

Baca Juga:
Perkuat Konsolidasi, 54 Anggota FPD DPR RI Dikumpulkan
Wijaya Dewantara

Nasdem adalah partai yang pertama kali mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Bagi Wijaya Dewantara, sikap politik itu menjadi beban tanggung jawab tersendiri bagi Paloh sebagai Ketua Umum Nasdem.

“Saya kira manuver-manuver yang dilakukan Paloh harus kita baca sebagai tanggung jawabnya untuk memuluskan langkah Anies menuju Pemilu 2024,” bebernya.

Dia menilai pertemuan Paloh-AHY juga memunculkan spekulasi bahwa negosiasi di Koalisi Perubahan sudah mendekati kesepakatan.

“Tentu saja negosiasi itu ada, termasuk dalam penentuan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung mendampingi Anies Baswedan,” ungkapnya.

Baca Juga:
Ulama NU Ungkap Gus Dur dan AHY Masih Berkerabat

Menurut Wijaya, pernyataan Paloh yang disampaikan kepada wartawan dalam pertemuannya dengan AHY merupakan isyarat ‘finishing touch’ untuk Koalisi Perubahan.

“Paloh mengatakan AHY sangat pantas menjadi cawapres Anies. Artinya ini kan isyarat ‘finishing touch’ untuk deklarasi dan mempertegas bahwa tidak ada resistensi untuk menyandingkan Anies-AHY,” kata Wijaya.

Nama AHY memang menjadi favorit untuk menjadi cawapres bagi Anies. Berbagai survei nasional menunjukkan AHY mampu mendongkrak elektabilitas Anies secara signifikan, melampaui nama lain seperti Khofifah Indar Parawansa, Andika Perkasa, Ahmad Heryawan, dan Hidayat Nurwahid.

“Publik dapat menilai bahwa Anies membutuhkan cawapres yang nasionalis-moderat dan memiliki elektabilitas tinggi. Saya rasa AHY adalah satu-satunya pilihan,” kata Wijaya Dewantara.

Berita ini sudah tayang di POSNUSA.com dengan judul: Temui AHY, Paloh Disebut Beri Kode ‘Finishing Touch’

Bagikan artikel ini:

PDNTB.id © 2024. All Rights Reserved.